Email Sandi Daftar

Louvre Museum Arsitektur Kontemporer
library lunibuk

Louvre awalnya dibangun sebagai benteng abad ke-12, lalu diubah menjadi sebuah istana kerajaan di abad ke-14. Ketika benteng asli dihancurkan dan sayap sepanjang sungai Seine dibangun. Istana ini diperpanjang selama abad ke 16 oleh arsitek Pierre Lescot, yang diperluas dengan dua halaman. Satu dekade kemudian Catharina Medici menambahkan istana Tuileries di sebelah barat Louvre. Pembangunan Louvre dihentikan untuk beberapa waktu ketika raja Louis XIV memutuskan untuk pindah ke Istana Versailles.

Louvre memiliki empat sayap simetris yang mengelilingi halamannya yang luas. Hal ini tidak berlangsung lama, ketika Communard membakar istana Tuileries pada tahun 1871, membuka sisi barat istana. Pengumpulan koleksi-koleksi Museum Louvre pertama kali pada abad 16 oleh Raja Francis I. Salah satu karya seni yang dia beli adalah Mona Lisa yang kini merupakan lukisan yang sangat terkenal di seluruh dunia. Koleksi-koleksi ini terus bertambah berkat sumbangan dan pembelian oleh raja-raja. Pada 1793, selama Revolusi Perancis, koleksi kerajaan swasta dibuka untuk umum.

                    

SANG ARSITEK

Ieoh-Ming Pei dilahirkan di Kanton, Cina, pada tanggal 26 April 1917. Sebelum berimigrasi ke Amerika Serikat, ia meneruskan pendidikannya di Shanghai. Pei berhasil meraih gelar sarjana muda arsitekturnya dari MIT pada tahun 1940, tepat pada saat perang dunia II menghentikan berbagai pembangunan di setiap tempat. Dalam situasi tanpa pekerjaan dan prospek tak menentu, Pei melanjutkan studinya di Harvard Graduate School of Design. Pada tahun 1946 di bawah pengawasan Walter Gropius, seorang pakar arsitek modern, Pei berhasil memperoleh gelar sarjana arsitekturnya.

Diantara sekian banyak karya yang pernah dihasilkan Pei, Grand Louvre (1989), Paris, merupakan salah satu contoh gaya arsitekturnya. Terletak di jantung kota Paris, The Louvre, merupakan kebanggaan yang sekaligus pusat budaya terpenting bagi bangsa Perancis. Proyek politis ini disetujui oleh Presiden Francois Mitterand pada tahun 1981.

Tidak hanya memanfaatkan seluruh potensi bangunan, proyek ini juga harus dapat memecahkan masalah keterbatasan fasilitas yang ada. Dasar pemikiran proyeknya ini adalah mereorganisasikan bangunan menjadi sebuah bentuk U dengan titik pusat pada sebuah patio baru dan pintu masuk utama yang baru pula.

Pei kemudian membangun sebuah piramid kaca yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara ketiga sayap bangunan museum dan bangunan piramid. Selain memberikan area yang semula tidak dapat diberikan oleh museum yang asli, piramid ini juga berfungsi sebagai pintu masuk utama museum. Begitu masuk ke dalam bangunan piramid, para pengunjung akan menjumpai sebuah balkon besar berbentuk segitiga dan dapat menatap interior ruang depan sekaligus pemandangan luar yang menarik melalui dinding kaca piramid. Pei melengkapi area ini dengan tangga spiral menurun menuju ruang depan.

Penempatan piramid kaca tepat di pintu masuk museum kebanggaan bangsa Perancis ini sempat menundang reaksi warga. “Pourquoi La Pyramide?” tanya mereka. Bagi Pei, bangunan pyramid mencerminkan suatu bentuk klasik, sangat indah dan sangat fungsional. Bentuknya bersifat stabil dan strukturnya sederhana. Bentuk seperti ini memungkinkan untuk terciptanya suatu ruangan tertutup, tempat para pengunjung berkumpul.

Lokasi : Paris, Prancis

Selesai dibangun : 1989

Fungsi : Museum

Arsitek : I. M. Pei

Desain dari Grand Louvre yang merupakan penambahan arsitektur modern ke dalam bangunan Renaissance Perancis merupakan hasil karya dari tim arsitek yang dipimpin oleh I. M. Pei. Modernisasi Louvre ini merupakan ide dari pemerintahan François Mitterand agar lebih menyatu dengan kota Paris dan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan utama sebuah bangunan yang berfungsi sebagai museum. Ide ini mulai dilontarkan pada tahun 1983, sementara masa pembangunan terdiri atas dua fase. Fase pertama pembangunan diselesaikan pada tahun 1989, sementara fase kedua baru selesai tahun 1993.

Menurut I.M. Pei salah satu alasan utama pemakaian kaca adalah untuk mempertahankan kesatuan bangunan arsitektur Renaissance Perancis yang tampil dari wajah masif gedung lama. Transparansi material kaca membuat kesan ringan dan tembus pandang sehingga penyatuan gedung lama dan baru ini menjadi suatu kesatuan baru yang artistik dan bukan tempelan semata.

  1. Konstruksi Piramida kaca ini merupakan satu piramida besar beserta tiga buah piramida yang lebih kecil.

  2. Piramida kaca besar memiliki bentuk dasar bujur sangkar dengan sisi sepanjang 35 meter dan ketinggian puncak piramida setinggi 20,6 meter.

  3. Tersusun atas 603 kaca belah ketupat dan 70 kaca segitiga.

Louvre Pyramid dan lobi bawah tanah dibangun sebagai solusi untuk masalah pintu masuk utama Louvre yang asli, yang setiap harinya selalu dikunjungi oleh banyak para pengunjung. Pengunjung yang masuk melalui Louvre Pyramid akan melalui turun ke arah lobi dan kemudian naik ke bangunan utama Louvre.

Menurut I.M. Pei salah satu alasan utama pemakaian kaca adalah untuk mempertahankan kesatuan bangunan arsitektur Renaissance Perancis yang tampil dari wajah massif gedung lama. Transparansi material kaca membuat kesan ringan dan tembus pandang sehingga penyatuan gedung lama dan baru ini menjadi suatu kesatuan baru yang artistik dan bukan tempelan semata.

Desain dari Grand Louvre yang merupakan penambahan arsitektur modern ke dalam bangunan Renaissance Perancis merupakan hasil karya dari tim arsitek dari New York yang dipimpin oleh I. M. Pei. Modernisasi Louvre ini merupakan ide dari pemerintahan François Mitterand agar lebih menyatu dengan kota Paris dan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan utama sebuah bangunan yang berfungsi sebagai museum.

Pembangunan pyramida yang bergaya futuristik ini sempat mengundang kontroversi luas di masyarakat Perancis, karena dianggap tidak sesuai dengan style bangunan Louvre yang antik. Kelompok yang menentang pembangunan pyramida mengatakan bahwa proyek ini adalah ‘Pharaonic Complex’ dari Mitterand. Meskipun demikian pyramida tetap dibangun, dan pada akhirnya menjadi kebanggaan orang Paris.

Desain dari Pyramida yang bertolak belakang dengan desain awal bangunanlah yang menjadikan pertentangan. Desain bangunan yang sebelumnya sangat detail dengan ornamen, kemudian diberi penambahan bangunan modern yang minim detail dan bangunan inilah yang justru menjadi main entrance dari Louvre Museum. Akan tetapi pembentukkan desain modern pada Louvre Museum justru menjadi daya tarik sendiri. Kita dapat melihat perpaduan antara dua style desain yang berbeda, namun tetap memiliki kesan unik dan harmonis.

Piramida mesir yang merupakan bangunan termegah budaya kuno, kini hadir pada museum Louvre di Paris, Perancis. Hal yang mengejutkan adalah piramida yang semula terbuat dari batu semasa budaya kuno tersebut kini telah disulap menjadi sebuah piramida yang ultra modern. Struktur piramida seluruhnya terbangun dari kaca. Dengan konsep bangunan yang sebenarnya sangat sederhana, tanpa detail seperti bangunan disekitarnya namun memiliki makna yang kuat dan mampu berpaduan dengan arsitektur klasik disekitarnya.

Aspek statis :

Piramida kaca yang digunakan oleh I.M. Pei dan kawan-kawan menjadi sebuah point of interest baru dari bangunan ini. Bentuk bangunan yang panjang linear ditambahkan menjadi bentuk U dengan bagian piramida kaca sebagai ruang publik utama yang juga berfungsi sebagai area pintu masuk Aspek dinamika :

-digunakan sebagai museum untuk memamerkan karya-karya hasil seniman ternama di dunia

-Pengunjung masuk ke museum untuk melihat berbagai hasil karya seni patung, lukisan, dll

 

(uploader)








lunibuk page




» Beranda page
» Indeks page
» Page



» Depan
» Dokumen
» Beranda
» Page
» Diskusi
» Video
» Kamus
» Pencarian
» Premium
» Unggah
» Daftar
» Hubungi Kami



» Cari page





Other page



10 Cara Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan Yang Wajib Anda Ketahui

Sejarah Hukum Indonesia

Kekuatan Di Balik Sifat Pemalu

Bisnis Yang Terinspirasi Dari Kematian

Mendinginkan Otak Dengan Menguap

Istirahatkan Otak Saat Alami Insomnia

4D Senyum Bayi Dalam Kandungan

Cara Aneh Atasi Masalah Kesehatan

Archimedes, Matematikawan Misterius Dari Yunani

Mitos Larangan Menikah Sunda-Jawa